by

Hengky Wanmang Pimpinan Kelompok Separatis Papua Bersenjata Wilayah Timika Tewas

Jayapura, KameraPapua, (17/08/2020) – Siapakah Hengky Wanmang? Dia merupakan pemimpin Kelompok Separatis Papua Bersenjata yang tergabung dalam Kodap III Timika sejak meninggalnya Kelly Kwalik 16 Desember 2009 silam.

Menurut Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw, Hengky Wanmang dan Jhonni Botak (JB) mengambil alih pimpinan Kodap III yang berkedudukan di Kali Kopi, Timika, sebelum ada pergantian pimpinan yang baru.

Hengky Wanmang juga merekrut anggota KKB dari pengunungan Papua masuk ke areal PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

“Tujuan Hengky Wanmang merekrut anggota dari pengunungan Papua untuk melakukan aksi di areal PT Freeport Indonesia. Dia juga ikut deklarasi gabungan KKB Papua di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada 1 Agustus 2020 yang bertujuan melakukan aksi penembakan di Tembagapura,” ujar Paulus Waterpauw.

Paulus berbicara yang didampingi Mayjen TNI Herman Asaribab (Pangdam XVII/Cen) dan Mayjen TNI Haris Napoleon (Kabinda Papua).

Kembali soal Hengky Wanmang, setelah deklarasi gabungan KKB di Ilaga, Puncak, Hengki Wanmang mempersiapkan tempat dan bahan makanan untuk anggota KKB pimpinan Lekagak Telenggen (LT) yang berencana menyerang PT Freeport Indonesia.

“Hengky Wanmang ini pernah ditangkap tahun 2009 terkait aksi penembakan di PT Freeport Indonesia,” ujarnya.

Daftar Kejahatan Hengky Wanmang Yang Dicatat Polda Papua:

Tanggal 11 Juli 2009

Penembakan karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan korban warga negara asing Dru Nicolas Gred meninggal dunia.

Tanggal 12 Juli 2020

Aksi penembakan karyawan PT FI di Mil 51 Tembagapura. Korban atas nama Markus Rotello meninggal dunia, Markus Satu (luka), Petrus Padang (luka), Kamaruddin (luka), Adam Halik (luka), AKP Anggun Cahyono (luka).

Tanggal 15 Juli 2009

Aksi penembakan berikut terhadap karyawan PT FI di Mil 54 Tembagas. Korbanny adalah Bripka Demi Renhad (luka), Briptu Abraham (luka), Bripka Saldi Rumaropen (luka), Briptu Sunadi (luka) Briptu Sumadi (luka).

Tanggal 1 Desember 2017

Aksi penembakan kepada 3 trailer, 2 FW dan l Rantis pada l Desember 2017 di Mil 60 Tembagapura, korban Advensus Unggu Nugroho (luka).

Tahun 2017

Kapolda Paulus Waterpauw juga mengatakan, selama bergabung dengan KKB, Hengky melakukan beberapa aksi berupa penyanderaan masyarakat dan karyawan PT FI dikampung Banti dan Kimbeli, Tembagapura pada tahun 2017.

Tahun 2017

Aksi pembakaran lD Card dan rumah karyawan PT FI di kampung Kimbeli, Tembagapura pada 2017.

Tanggal 24 Maret 2018

Hengky membakar SD Banu dan Rumah Sakit Kampung Banu.

Tanggal 30 Maret 2020

Aksi penembakan terhadap karyawan PTFI di Kuala Kencana yang menyebabkan Grimi Thomas Wall meninggal dunia dan Ucok Simanungkalit (luka) dan Bahar (luka).

“Dalam kasus penembakan ini HW merencanakan, tetapi tidak turun langsung ke lapangan,” ujar Paulus.

“Inilah daftar kejahatan yang dilakukan Hengki Wanmang, selama berada di Kali Kopi dan memimpin KKB di Makodap III Timika,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *