by

Otsus Jadi Pijakan Bagi Orang Asli Papua Untuk Makin Berdaya

Jayapura, KameraPapua.com, (22/11/2020), – Albert Ali Kabiay (Ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua) menegaskan, Otsus hadir untuk menjawab permasalahan di Papua. Otsus lahir sebagai antitesis ketika Orde Baru semua sentralistik. Otsus penting bagi perkembangan sumber daya manusia, kesehatan, perkembangan ekonomi di Papua. Dengan kewenangan besar, seharusnya menjadi pijakan bagi orang asli Papua untuk mensejahterakan daerah dan masyarakat. “Dana Otsus mesti digunakan secara baik untuk kepentingan masyarakat Papua,” tegasnya.

Ia menilai, pemuda Papua harus berpikir secara luas, tidak semata melihat satu sisi saja mengingat dampak positif otsus juga besar. Dana besar dikucurkan sudah mencapai Rp 127 triliun. Jika digunakan dengan bijak dan dengan baik, dana akan bermanfaat bagi perkembangan kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lainnya.

“Jika digunakan dengan baik akan bermanfaat orang asli Papua, sebagai pemuda harus mendorong Otsus semakin positif,” ucapnya.

Ia mendorong agar ada transparansi dari pemerintah provinsi terkait dana Otsus juga perbaikan dari sisi distribusi di daerah. Mengingat untuk lokasi daerah pesisir dan pegunungan berbeda. Apalagi saat ini, meski sudah diberi kewenangan dan dana besar, indeks pembangunan manusia Papua masih cukup tertinggal meski dari tahun tahun membaik.

“Karena itu, harus jadi atensi untuk bersatu mendorong agar ke depan Otsus terus bergulir. Apalagi ada tambahan lagi di DAU (Dana Alokasi Umum), berarti ini ada suatu perhatian dari pusat supaya ada pemerataan pembangunan di Papua. Sebagai pemuda asli Papua, semoga dana digunakan transparan, sehingga ada trust dari orang Papua kepada pemerintah provinsi,” tegasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *