by

Mahasiswa Universitas Cenderawasih, Yulius Isak Senggi : Dukung Otsus Tetap Berlanjut, Otsus Berikan Baeasiswa Pendidikan Gratis

Jayapura,Kamerapapua.com (09/11/2020), Yulius Isak Senggi (Mahasiswa Uncen) mengatakan pihaknya sangat mendukung perpanjangan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II karena banyak program bermanfaat untuk masyarakat Papua, apalagi yang ia rasakan saat ini dengan Otsus pendidikan menjadi gratis.

“Saya yakin mahasiswa yang ingin belajar dan mencari ilmu di Uncen pasti semuanya mendukung Otsus, yang mana sebagian besar dari kami anak Papua asli di bayarkan dan mendapatkan beasiswa oleh dana Otsus Papua.,”ucapnya.

Menurutnya, mahasiswa Uncen hanya sebagian kecil saja yang di boncengi oleh kelompok KNPB untuk mengadakan demo dan bermain Politik serta membawa nama mahasiswa Uncen, ini yang perlu kita evaluasi bersama dan orang-orang dari kelompok tertentu dan mereka di bayar oleh elit-elit Politik di Pemerintah.

“Tidak semua mahasiswa mendukung penolakan Otsus, lebih banyak yang mendukung Otsus,” tegasnya.

“Dengan adanya program Otsus dari pemerintah masyarakat Papua bisa lebih maju karena program-program kemasyarakatan yang saat ini berjalan di Provinsi Papua bisa dikatakan 90% dananya bersumber dari Otsus, jadi kita sebagai warga masyarakat Papua patut bersyukur karena tidak semua Provinsi di Indonesia bisa merasakan hal yang sama,” lanjutnya.

Pihaknya juga memberikan contoh lain dari manfaat dana Otsus ialah pemilihan kepala daerah yang semua adalah orang asli Papua (OAP).

“Contoh lain daripada manfaat Otsus saat ini ialah pemilihan kepala daerah yang semuanya adalah OAP itu membuktikan bahwa kita sebagai warga masyarakat Papua diberi kewenangan untuk mengatur wilayah kita sendiri,” tuturnya.

Perlu adanya peninjauan dari Pemerintah terhadap mekanisme penyuluran dana agar lebih diawasi lagi.

“Menurut saya yang perlu ditinjau oleh Pemerintah Pusat ialah mekanisme penyaluran dana Otsus agar lebih diawasi sehingga tidak terjadi penyimpangan seperti yang saat ini terjadi akibatnya korupsi kepala daerah,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *