by

Akademisi: Secara aturan, pelantikan Sekda Papua menggugurkan penjabat Sekda

Jayapura, KameraPapua.com, (04/03/2021) – Akademisi dari Universitas Cenderawasih atau Uncen Jayapura, Yakobus Murafer menyatakan jika mengacu pada aturan, dengan sendirinya posisi penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua gugur setelah pejabat definitif dilantik.

Pernyataan itu dikatakan pengajar pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Uncen itu, terkait dualisme jabatan Sekda Papua.

Penjabat Sekda Papua dan Sekda definitif Papua dilantik di tempat berbeda pada hari yang sama, Senin (1/3/2021).

Menurut Murafer, dalam Pasal 11 Ayat 1 Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah disebutkan “Penjabat sekretaris daerah berhenti bersamaan dengan aktifnya kembali sekretaris daerah melaksanakan tugas atau dilantiknya sekretaris daerah.”

“Ya seharusnya dari segi aturan memang begitu. Karena sudah terlantik sekda definitif, maka penjabat sekda dengan sendirinya sudah tidak lagi memiliki kewenangan,” kata Yakobus Murafer kepada Jubi, Selasa (2/3/2021).

Katanya, dari sisi aturan yang punya tugas utama mendukung tugas gubernur adalah sekda definitif. Terutama tugas yang sifatnya teknis dan pengelolaan administrasi pemerintahan.

Sedangkan, penjabat sekda hanya bersifat sementara atau kalau terjadi kekosongan pada posisi jabatan sekda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *