by

Covid-19 Masih Merebak, Jokowi Putuskan PON dan Peparnas Papua Tetap Digelar

Jayapura, KameraPapua, (16/03/2021) – Masyarakat dunia hingga kini masih berjibaku melawan pandemi Covid-19. Tak hanya menyerang kesehatan, Covid-19 juga telah memberikan dampak buruk hampir di seluruh aspek kehidupan manusia.

Covid-19 telah menganggu sejumlah agenda tahunan baik skala internasional maupun nasional. Dalam skala internasional, Covid-19 telah menganggu penyelenggaraan kejuaraan dunia bergengsi, salah satunya Olimpiade Tokyo. Sedangkan di skala nasional, Covid-19 turut berpotensi menganggu penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

Terbaru, Pemerintah memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke-16 di Papua pada Oktober 2021 tetap dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan PON ke-20 dan Peparnas ke-16 tersebut diputuskan untuk tetap dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas pada Senin, 15 Maret 2021 lalu.

“Ini tidak ada penundaan, karena ini sudah sempat kita tunda pada 2020,” ungkap Menteri Zainudin.

Pelaksanaan PON dan Peparnas itu menurutnya akan digelar pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Mengenai teknis pelaksanaan, Menpora mengaku akan mencontoh Olimpiade Tokyo yang juga digelar pada tahun ini.

“Apakah ini akan dilaksanakan tanpa penonton atau penonton terbatas atau dalam kapasitas normal,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan Jokowi meminta adanya vaksinasi terhadap seluruh peserta PON dan Peparnas serta masyarakat di sekitar venue olahraga, “Untuk memastikan bahwa pada saat bulan Oktober nanti mereka sudah divaksin semuanya,” tuturnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *