by

Pansus Gelar RDP Revisi Otsus, Papua Barat Minta Kewenangan

Jakarta, KameraPapua, (08/05/2021) – Panitia khusus (Pansus) DPR-RI menggelar rapat dengar pendapat (RDP) terkait revisi kedua Undang-undang nomor 21 tahun 2001 sabagaimana diubah menjadi Undang-undang nomor 35 tahun 2008 tentang pelaksanaan otonomi khusus di tanah Papua.

Rapat dengar pendapat antara Pansus DPR-RI dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat, dengan agenda berlangsung di lantai 1 Kantor Gubernur Papua Barat, Arfai, Manokwari, Senin (3/5/2021).

Komarudin Watubun,S.H.,M.H (Ketua pansus DPR-RI) memimpin langsung RDP tersebut didampingi Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan dan Dirjen Otda Kemendagri Drs Akmal Malik, dihadiri 15 anggota pansus, forkopimda Papua Barat, perwakilan pimpinan DPRD Kabupaten/ Kota se-Papua Barat serta Bupati Maybrat Drs Bernard Sagrin, M.M.

Ada sejumlah argument yang muncul dalam rapat dengar pendapat, baik dari lembaga kultur adat papua (MRPB), DPR Papua Barat, ADKASI Papua dan Papua Barat, APKASI Papua dan Papua Barat yang mendesak agar konsistensi melaksanakan Undang-undang Otsus dimana kewenangan yang diberikan kepada papua dijalankan.

Kemudian untuk pasal yang revisi jangan hanya dua terkait dengan penambahan perpanjang DAU Nasional 2 persen menjadi 2,5 persen dan ruang pemekaran daerah otonomi baru (DOB) untuk provinsi papua.

Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor,S.IP menegaskan bahwa pihaknya setuju jika Otsus ini harus dilanjutkan tetapi direvisi agar kewenangan diberikan kepada papua dan papua barat, jangan seperti ibarat “Lepas kepala pegang ekor,”

“Apa yang kita sudah sampaikan itu harus diakomodir pemerintah pusat melalui pansus DPR-RI dan mendagri, tahapan pembahasan di Jakarta kita sudah disampaikan bahwa harus melibatkan kita, wajib saya tegaskan wajib libatkan kita supaya dikawal secara baik, karena yang memahami itu kita bukan tim pansus,” tegas Orgenes Wonggor.

Wonggor minta anggota DPR RI dari Papua Barat untuk membantu pemerintah dan stakeholder dari Papua Barat untuk mendorong aspirasi yang disampaikan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *