by

Bupati Jayapura Soal PON XX Papua 2021: Ini Hasil Perjuangan

Jayapura, KameraPapua, (27/06/2021) – Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 akan digelar di Papua pada 2-15 Oktober 2021. Terdapat empat kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah, salah satunya Kabupaten Jayapura.

Mathius Awoitauw memiliki pandangan tersendiri terhadap pelaksanaan PON XX Papua.

“Kalau PON di Papua ini perjuangan dari pemerintah provinsi Papua yang berjuang, saya juga ikuti proses itu. Kita semua ini tidak siap apa-apa. Tapi pemprov luar biasa berjuang bahwa PON harus ada di Papua,” katanya.

Dari perjuangan itu, menurut Mathius, pemerintah pusat akhirnya memberikan kesempatan kepada pemprov untuk menggelar PON. Semua itu sebagai bukti perhatian pemerintah pusat kepada seluruh wilayah di Indonesia.

“Meskipun ada keterbatasan-keterbatasan yang luar biasa, tapi ini memang kita bersama untuk meyakinkan bahwa olahraga ini bisa membangun persaudaraan dan persatuan. Kalau dilihat dari kesiapan calon-calon tuan rumah yang lain, mungkin lebih siap, tidak sibuk seperti ini. Mereka sudah siap. Papua nggak ada apa-apanya. Tapi ya kita tekad untuk mempersiapkan,” ujar Mathius.

Pria kelahiran Sentani Timur itu lantas berharap penyelenggaraan PON bisa memberikan dampak positif, baik dari sisi olahraga hingga ekonomi.

“Kita berharap juga arena ini bisa menghasilkan juga atlet-atlet terbaik untuk bisa mewakili Indonesia. Tapi tujuan itu tetap, tetapi juga kita harus melihat sisi-sisi yang lain dari pelaksanaan PON Papua,” kata Mathius.

Terkait antusiasme masyarakat, dia menyatakan masyarakat sudah tidak sabar menyambut penyelenggaraan PON XX Papua.

“Mereka ingin sekali untuk PON ini harus berhasil dan mereka ingin sekali untuk dilibatkan,” ujar Mathius.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *