by

Natalis Kosai (Staf Dinas PU Kab. Nduga) : Mendukung Kelanjutan Otsus dan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kab. Nduga.

Nduga, KameraPapua, (30/06/2021) – Natalis Kosai (Staf Dinas PU Kab. Nduga) mengatakan dirinya sangat mendukung kelanjutan Otsus dan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kab. Nduga.

Keberlanjutan Otsus Papua untuk tetap di lanjutkan dengan harapan kemajuan orang asli Papua (OAP) melalui program pembangunan yang sudah berjalan agar masyarakat Papua dapat merasakan serta tidak adanya oknum pejabat yang memanfaatkan dari Dana Otsus tersebut, selain itu perlu adanya pemahaman kepada seluruh masyarakat agar tidak menyalahkan artian terkait dengan pemanfaatan dari dana Otsus. Pembentukan aerah Otonomi Baru (DOB) sehingga dapat menyelesaikan permasalahan serta kemajuan daerah dan masyarakat asli orang Papua (OAP) khususnya masyarakat Nduga.

Dirinya menyampaikan banyak sekali dampak positif bagi masyarakat terkait adanya Otsus di Papua dimana Otsus tersebut bisa membantu mensejahterakan masyarakat melalui beberapa bidang diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Infrastruktur dan Afirmasi.

Contohnya dalam bidang pendidikan sudah banyak sekali sarana prasarana sekolah yang sudah di bantu oleh Otsus serta masyarakat tidak terbebani tentang biaya pendidikan di dalam maupun di luar dari daerah Papua untuk masyarakat Papua.

Bukan hanya dalam bidang pendidikan saja akan tetapi masih terdapat 4 (empat) bidang lagi yang sudah di sebutkan diatas itu semua merupakan jembatan bagi masyarakat orang asli Papua bisa lebih hidup sejahtera, berpendidikan, tidak ada lagi kemiskinan dan terjamin dalam pelayanan kesehatan serta kemajuan Infrastruktur.

Berkaitan dengan itu semua menurut kami keberadaan Otsus yang sudah ada dari tahun 2001 sampai dengan sekarang harus tetap dilanjutkan, akan tetapi masih pada saat penyaluran untuk bisa lebih tepat kepada sasaran dan dibenahi kembali agar tidak disalah gunakan oleh oknum Pejabat yang tidak bertanggung Jawab, sehingga bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat untuk pembangunan di Tanah Papua.

Dirinya juga menambahkan menyampaikan dalam pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) itu merupakan suatu progam yang sangat bagus dalam memajukan masyarakat orang asli Papua (OAP) serta dapat menciptakan lapangan kerja baru pagi masyarakat sehingga dapat meminimalisir angka kemiskinan masyarakat asli orang Papua (OAP).

Dengan di bentuknya Daerah Otanomi Baru Pemerintah pusat harus di tinjau secara langsung agar tidak ada lagi Kabupaten pemekaran yang sudah di bentuk tidak berjalan dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat sehingga tidak ada kemajuan untuk Kabupaten tersebut.

Kami sangat mendukung semua program yang sudah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat terkait dengan adanya pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), menyarankan kepada Pemerintah Pusat lebih khusus Pemerintah Daerah untuk bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait akan adanya pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) demi kemajuan untuk masyarakat orang asli Papua (OAP) serta tidak adanya kecurigaan masyarakat kepada Pemerintahan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *