by

Kepala Daerah Se-Tanah Tabi dan Saereri Dukung Otsus dan Pembentukan 5 Provinsi Otonomi Baru di Papua

Jayapura, KameraPapua, (01/07/2021) – Kepala Daerah se-Tanah Tabi dan Saireri menyatakan sikap, mendorong pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) di lima wilayah adat di Papua.

Pernyataan dukungan itu, disampaikan dalam pertemuan rutin yang digelar oleh para bupati dan walikota, serta Ketua DPRD se-Tanah Tabi dan Saereri

Kata Mathius pihaknya akan mengawal rencana-rencana pembentukan DOB kepada Pemerintah Pusat, agar segera diwujudkan.

Selain itu, dalam pertemuan juga menyikapi revisi pasal 34 dan pasal 76 dalam Undang-Undang (UU) No 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus, bagi Provinsi Papua.

Mathius menambahkan, pihaknya bersama kepala daerah lainnya akan terus mengawal revisi pasal dimaksud, agar dilakukan penambahan dana OTSUS bagi Provinsi Papua.

Sementara itu Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap S Si M Pd mengatakan hal yang serupa, dimana sangat mendukung pembentukan DOB.

“Kami mengusulkan dan menyetujui pembentukan DOB baru di Papua, khususnya pembentukan provinsi sesuai dengan wilayah adat masing-masing,” jelas Herry.

Sekadar diketahui, dalam pertemuan tersebut, turur hadir Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, Bupati Jayapura Matius Awaitouw, Bupati Kepulauan Yapen Toni Tesar, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, Wakil Bupati Sarmi, Wakil Bupati Supiori.

Hadir pula, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor, Ketua DPRD Kabupaten Keerom, dan sejumlah perwakilan lainnya.

DIketahui 5 wilayah adat di Provinsi Papua yang rencana akan dimekarkan menjadi DOB ialah Tabi – Saireri, Animha (Papua Selatan), Lapago, dan Meepago.

Tabi – Saireri atau Mamta meliputi Kota dan Kabupaten Jayapura, Sarmi, Mamberamo Raya, dan Keerom.

Sementara itu, wilayah adat Animha atau Papua Selatan ialah Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat.

Kemudian wilayah Meepago memuat Kabupaten Dogiyai, Deiyai, Nabire dan Intan Jaya.

Serta wilayah adat Lapago mencakup Kabupaten Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Lanny Jaya, Puncak Jaya, Puncak, Nduga, Yahukimo, Yalimo, Mamberamo tengah, dan Tolikara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *